Hubungan Durasi Pemakaian Gadget Dengan Perkembangan Emosional Anak Pra Sekolah

  • Siska Damaiyanti Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Yarsi Bukittinggi
  • Engla Rati Pratama Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Yarsi Bukittinggi
  • Nentien Destri Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Yarsi Bukittinggi
Keywords: Gadget, kecanduan, perkembangan emosional

Abstract

Indonesia ternyata berada diurutan ke enam untuk penggunaan smartphone terbanyak didunia, diketahui  jumlah populasi penduduk 261 juta jiwa tercatat yang menggunakan. Dengan ini dibuktikan semakin tingginya tingkat pemakaian Smartphone dibukittinggi sebanyak 32,5 juta unit dan sebanyak 3.400 pelanggan IndiHome .Gadget juga sangat berpengaruh buruk pada setiap orang di usia berapapun, baik usia dewasa, usia remaja, maupun usia anak-anak. Kecanduan Gadget menyebabkan cenderung malas untuk beraktifitas dan tidak peka dengan lingkungan sehingga dapat mempengaruhi tingkat agresifitas anak, pola prilaku serta psikososial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Durasi Pemakaian Gadget dengan Perkembangan Emosional Anak Pra Sekolah. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Deskriptif Analitik dengan desain penelitian menggunakan pendekatan crosectional study. Hasil penelitian univariat diketahui bahwa dari total 89 orang responden yang diteliti, lebih dari separoh yaitu 49 orang (55,1%) responden dengan pemakaian Gadget berdurasi >1 jam, dan dari total 89 orang responden yang diteliti lebih dari separoh yaitu 47 orang (52,8%) responden dengan Perkembangan Emosional Anak bermasalah, dan Hasil Penelitian Bivariat diperoleh informasi bahwa diantara 49 responden dengan Durasi Pemakaian Gadget kategori >1 jam, sebanyak 34 orang (38,2%) anak dengan mengalami Perkembangan Emosional kategori Bermasalah, dan dari 40 responden dengan durasi Pemakian Gadget Kategori α (0,05). Kesimpulan nya adalah ada 73 hubungan antara Durasi Pemakian Gadget dengan Perkembangan Emosional Anak. Nilai Odds Ratio 4,708, artinya anak dengan Durasi pemakian Gadget kategori >1 jam berpeluang 4,708 kali untuk mengalami Perkembangan Emosional kategori Bermasalah, dibandingkan dengan anak dengan Durasi pemakaian Gadget.

References

Adevia M, Desy F (2018), Pengaruh durasi pengunaan gadget terhadap masalah mental emosional anak pra sekolah ti TK Pembina Kota Tegal. Jurnal SIKLUS. Diakses tanggal 3 November 2019
Aula Nurmalasari (2016), Hubungan Intensitas pengunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan pada aspek bicara dan bahasa pada balita di kelurahan tambak rejo Surabaya. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga. Diakses tanggal 10 November 2019
Ayu I, Nurul R, (2019). Hubungan kebiasaan pengunaan Gadget dengan status mental Emosional pada Anak Usia Prasekolah, Bandung. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/jiks. Diakses 24 Oktober 2019
Depkes RI.2012. Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2012.(Online).Tersedia : http://www.depkes.go.id. 13 November 2019
Fitriayani (2019), Artikel Anak Kecanduan gadget hinggamembenturkan kepala ke tembok, peringatan buat orang tua, http://id.theasianparent.com diakses
tanggal 18 Novemmber 2019
Kadek D dan Kadek P, (2019), Peran pola asuh orang tua dan pengunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah, Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana Diakses tangal 3 November 2019
Kementrian Kesehatan RI, (2018), Pedoman pelaksanaan SDIDTK , Jakarta . Indiana S, Eva Mayangsari. (2017). Yes or not gadget buat buah hati. Yogyakarta: Deepublish (CV Budiutama).
Menagemen Dapodik PAUD dan Dikmas, Peserta didik PAUD berdasarkan layanan-prov.Sumatra barat- 2019/2020 Ganjil. http://menagement.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/Rekap/PAUD-PD-Layanan?semesterld=2019&kodewilayah=080000
Nizar R, Seni A, Tria R (2017), Pengaruh pengunaaan gawai terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini, Tasikmalaya. @jurnal PAUD Agapedia Diakses tanggal 5 November 2019
Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta. Potter & Perry, 2009. Fundamental Keperawatan,Jakarta : EGC
Sembilan Jenis Gangguan Emosional Pada Anak, http://dosenpsikologi.com/jenis-gangguan-emosional-pada-anak
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Vitrianingsih, Sitti K, Inayati C, (2018), Hubungan peran orang tua dan durasi pengunaan gadget dengan perkembangan anak pra sekolah di TK gugus IX kecamatan Depok Sleman Yogyakarta,, Jurnal Formil KesMas Respati Yogyakarta. Diakses tangal 23 Oktober 2019
Vivi Syofia (2018), Hubungan pengunaan Gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulya, Padang. LPPM UMSB Diakses tanggal 27 Oktober 2019
Wong, (2010), Buku ajar Keperawatan Padiatrik volume I EDISI 6, Penerbit buku Kedokteran, EGC, Yogyakarta
Published
2020-12-31
How to Cite
Damaiyanti, S., Pratama, E., & Destri, N. (2020). Hubungan Durasi Pemakaian Gadget Dengan Perkembangan Emosional Anak Pra Sekolah. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 3(2), 37-45. Retrieved from https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/635