Hubungan Kadar Timbal dan Kadar Hemoglobin Dalam Darah Perokok Aktif

  • Dewi Yudiana Shinta STIKes Perintis Padang
  • Dyna Putri Mayaserli STIKes Perintis Padang
Keywords: Timbal (Pb), Hemoglobin (Hb), perokok, Smoker

Abstract

Asap rokok telah terbukti secara nyata berkontribusi terhadap tingginya konsentrasi radikal bebas di udara yang dapat menyebabkan peroksidasi lipid sehingga memicu stres oksidatif dan meningkatkan malondialdehyde (MDA) dalam tubuh. Timbal terdapat dalam darah perokok aktif yang berasal dari rokok. Timbal mengganggu sintesis heme dengan berbagai mekanisme, salah satunya melalui gangguan pada aktivasi enzim δ amino levulinic acid dehidratase (δ-ALAD) dan ferrochelatase.  Kontaminasi kadar timbal dalam darah akan menurunkan kadar hemoglobin, semakin tinggi kadar timbal dalam tubuh seseorang, maka semakin berkurang kadar hemoglobinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar timbal dalam darah dengan kadar hemoglobin pada perokok aktif. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah memang ada hubungan antara jumlah timbal dalam darah dengan kadar hemoglobin yang menggambarkan penyakit anemia pada perokok aktif.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksperimental dengan menggunakan metode AAS (Atomic Absorbtion Spectrofotometer). Dari hasil penelitian didapatkan nilai r = 0.735 berarti adanya hubungan kadar timbal dalam darah dengan kadar hemoglobin. Rata-rata kadar timbal dalam darah adalah 12,20 μg/dl dan rata-rata kadar hemoglobin adalah 14,49 g/dl. Hasil dari penelitian masih berada di bawah nilai ambang yaitu 10-25 μg/dl yang termasuk dalam kategori normal, sehingga kadar timbal belum mempengaruhi kadar hemoglobin dalam darah. Hal ini dapat dikarenakan rutinnya perokok mengkonsumsi air yang cukup, buah dan sayuran yang dapat membuat akumulasi kadar timbal dalam darah  berkurang dan dapat diekresikan ginjal melalui urin.Implikasi dari penelitian ini untuk memberikan gambaran pada perokok aktif bahwa rokok sangat berbahaya sehinga dapat menimbulkan penyakit anemia atau penyakit lainnya.

References

Ayu putri,dkk,2019, Pengaruh
Kadar Timbal (Pb) dalam Darah Terhadap Kadar Hemoglobin (Hb) pada pegawai Percetakan Buku di Jalan Koran Surabaya,Skripsi Univversitas Airlangga.
Axsal, 2015. Hubungan Paparan Timbal dengan Kejadian Hipertensi pada Petugas Jalan Tol di Provinsi Jawa Tengah Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pasca Sarjana Undip
Rahmadani, 2019, Efek Ekstrak Daun cengkeh (Syzygium aromaticum (Merr&L.M.Perry) Terhadap Kadar Malondialdehyde dan Hemoglobin serta Berat Badan Pada Mencit jantan Yang Terpapar Asap Rokok, e-skripsi Universitar Andalas.
Rosita.B, dan Helvina Mustika, 2019, Hubungan Tingkat Toksisitas Logam Timbal (Pb) dengan Gambaran Sediaan Apus darah pada Perokok Aktif, Jurnal Kesehatan Perintis, vol 6(1), 14-20.
Triyono,dkk,2019, Hubungan antara Paparan Asap Rokok dengan Kadar Hemoglobin pada Perokok Pasif di Desa Keraban Kecamata Subah Kabupaten Sambas, Jurnal Mahasiswa dan Penelitian Kesehatan,ISSN : 2503-4731, vol 6(1) : hal 27-34.
Surip, Mochammad dkk. 2013. Korelasi antara Kadar Timbal dalam Darah dengan Neuropati Perifer pada Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum.
Windusari,Y. 2019, Deteksi Frekuensi Distribusi Timbal Dalam Darah Pekerja Pengisi Bahan Bakar. Studi kasus SPBU di Plaju, Sumsel, ISSN 1412-4939, e ISSN : 2502-7085, vol 18(1), 62-66
Published
2020-06-29
How to Cite
Shinta, D., & Mayaserli, D. (2020). Hubungan Kadar Timbal dan Kadar Hemoglobin Dalam Darah Perokok Aktif. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 3(1), 134. Retrieved from https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/579