Determinan Faktor Kepuasan Kerja Petugas Puskesmas Dalam Tantangan Pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta Di Kabupaten Merangin

  • Novia Susianti Balitbangda Provinsi Jambi, Telanaipura, Jambi
Keywords: Kepuasan Kerja, Insentif Finansial, Petugas Puskesmas, Kabupaten Merangin

Abstract

Tenaga kesehatan dihadapkan pada tantangan  dalam menghadapi pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta, menjamin efektifitas pelaksanaan paket manfaat, peningkatan cakupan pelayanan, serta bagaimana negara menghasilkan, mendistribusikan dan mempertahankan tenaga kesehatan yang mendukung Universal Health Coverage. Sementara fenomena yang ditemukan, tidak meratanya pemenuhan petugas kesehatan pada unit pelayanan kesehatan (Puskesmas) saat ini, dengan keengganan petugas kesehatan berada pada puskesmas dengan jumlah pesertanya lebih sedikit, yang tentunya akan berdampak pada kinerja unit pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini mendukung upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Merangin di dalam memberikan  motivasi kerja petugas kesehatan yang telah dilakukan dengan menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja petugas puskesmas di Kabupaten Merangin,  terdiri dari insentif non finansial, insentif finansial, hubungan dengan rekan kerja, supervisi, retensi dan motivasi petugas kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja petugas puskesmas di Kabupaten Merangin masih perlu ditingkatkan dengan memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja pegawai tersebut yaitu faktor insentif non finansial, insentif finansial, faktor hubungan dengan rekan kerja, dan faktor motivasi. Sementara itu, faktor penentu kepuasan kerja yaitu insentif finansial, faktor hubungan dengan rekan kerja,  serta faktor motivasi. Dengan faktor penentu paling besar yaitu insentif finansial. Pemberian insentif finansial yang telah diberikan perlu lebih memperhatikan beban kerja dan kondisi geografis dari puskesmas tersebut, tanpa mengabaikan promosi dan pengembangan karir pegawai serta peningkatan hubungan interpersonal antar pegawai dalam menciptakan suasana kerja yang kondusif.

 

References

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta.
Mas’ud, Fuad, 2001. Mitos Manajemen Sumber Daya Manusia , Semarang, Program Magister Manajemen. Program Magister Sains Akuntansi UNDIP.
Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Kemenkes 2014. Permenkes No 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.
Susianti.N., Guspianto, Sotianingsih, Martin.J., 2016. Kinerja Puskesmas dalam Implementasi Program JKN_BPJS di Provinsi Jambi.
Wahyudin, 2004. Pengaruh Kompensasi, Pendidikan dan Senioritas terhadap Produktivitas Kerja di Lingkungan Dinas Kebesrsihan dan Pertamanan Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Program Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Published
2019-12-20
How to Cite
Susianti, N. (2019). Determinan Faktor Kepuasan Kerja Petugas Puskesmas Dalam Tantangan Pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta Di Kabupaten Merangin. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 2(1), 138. Retrieved from https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/387