Pengaruh Pemberian Jus Wortel Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Derajat 1 Lansia Umur 50-70 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Tapus Kabupaten Pasaman Timur

  • Wilda Laila STIKes Perintis Padang
  • Nurhamidah Nurhamidah STIKes Perintis Padang
  • Leni Santika STIKes Perintis Padang
Keywords: jus wortel, tekanana darah, hipertensi

Abstract

Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang digolongkan sebagai the silent killer (pembunuh diam-diam). Menurut WHO (World Health Organization) Pada tahun 2014 sebanyak 982 juta orang atau 26,4% penduduk di dunia mengalami hipertensi, angka ini kemungkinan akan meningkat menjadi 29,2% di tahun 2025. Salah satu solusinya yaitu dengan pemberian jus wortel. Salah satu kandungan wortel yang baik untuk menurunkan atau mengendalikan tekanan darah adalah kalium. Kalium bersifat sebagai diuretik yang kuat sehingga membantu menjaga keseimbangan tekanan darah (Junaidi , 2010) Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian jus wortel terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental quasi. Dilakukan terhadap 16 responden lansia yang berusia 50-70 tahun tekanan darah diukur dengan menghitung tekanan darah sistolik dan diatolik sebelum dan sesudah meminum jus wortel. Analisis data menggunakan uji T test Independent berpasangan dengan α=0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tekanan darah setelah meminum wortel dalam bentuk jus sebanyak 200 ml 136/80 mmHg lebih rendah secara signifikan dari sebelum meminum wortel dalam bentuk jus sebanyak 200 ml 161/100 mmHg (p<0,00). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian jus wortel terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi lansia umur 50-70 tahun.

 

References

Riset kesehatan dasar(Riskesdas). 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI. Jakarta
Junaidi,I. 2010. Hipertensi Pengenalan Pencegahan Dan Pengobatan, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Fitri Parwanti. 2013. Efektifitas Kosumsi Juice Wortel Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Dusun Gendong Sari Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta. Stikes Aisyiyah Yogyakarta.
Basith, Abdul. 2013. Kitab Obat Hijau. Cara-cara Ilmu Sehat Dengan Herbal. Solo: Tinta Madina.
Jain, Ritu, 2011. Pengobatan Alternatif Untuk Mengatasi Tekanan Darah. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Parwanti F, Indriasari FN. Efektivitas Konsumsi Juice Wortel Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Dusun Gedongsari Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta (Dectoral dissertation, STIKES’Aisyiyah (Yogyakarta).
Rachman, f. 2011. Berbagai Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi.Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.
Tela, I. (2017). Pengaruh Pemberian Jus Wortel (Daucus Carota L.) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Pal Tiga Kecamatan Pontianak Kota. Naskah Publikasi. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Wijayakusuma, H.2007. Penyembuhan Dengan Wortel. Pustaka Populer Obor. Jakarta
Yaniar, (2008). 5 Kasiat Wortel. Diakses pada 20 Agustus 2018 dari http://lempu-org.co.cc
Published
2019-12-20
How to Cite
Laila, W., Nurhamidah, N., & Santika, L. (2019). Pengaruh Pemberian Jus Wortel Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Derajat 1 Lansia Umur 50-70 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Tapus Kabupaten Pasaman Timur. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 2(1), 129. Retrieved from https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/385

Most read articles by the same author(s)