Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan

  • Nofriadi Nofriadi STIKes Perintis Padang
  • Mera Delima STIKes Perintis Padang
  • Yuni Sara STIKes Perintis Padang
Keywords: Kepuasan Pasien, pelayanan, waktu tunggu

Abstract

Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pasien merupakan komponen penting yang menyebabkan adanya rasa ketidakpuasan, pasien merasa tidak puas apabila waktu tunggu tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu ≤ 60 menit. Kenyataan menujukkan masih ditemukan pasien mengeluh tidak puas karena waktu tunggu yang lama di RSUD Dr Muhammad Zein Painan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan  pasien poli penyakit dalam di RSUD Dr muhammad zein painan tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah kuatitatif dengan pendekatan cros sectional. Populasi dalam penelitian ini 309 responden dengan jumlah sampel 62 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chis square. Hasil analisa lebih dari separoh (59,7%) responden yang mempersepsikan lama waktu tunggu pasien tidak sesuai dengan standar. Selanjutnya lebih dari separoh (62,9%) responden yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value 0,000 (p<0,05), kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang bermakna antara lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk melengkapi sarana dan prasarana dan meningkatkan kedesiplinan sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan  sewaktu pasien berobat di poli penyakit dalam, harapannya mutu pelayanan rumah sakit akan meningkat.

References

Aulia Utami Dewi, Rukma Astuti, K. E. W. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftarn Pasien Rawat Jalan (Tpprj) Rsud Sukoharjo. 1–9.
Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. M. (2015). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. 3(3).
Hendri Nofiana1, S. S. (2012). Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Karanganyar. V(1), 90–106.
Imbalo S, P. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan (P. Widyastuti, ed.). Jakarta: Kedokteran EGC.
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. 1(2), 102–112.
Notoatmodjo, D. S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawataprofesional (3rd ed.). jakarta.
Rida Nelviza1, A. (2014). Hubungan Sikap Petugas Dan Waktu Tunggu Terhadap Indeks Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Puri Husada Tembilahan. 27.
Silalahi, J., Fitriani, A. D., & Masyarakat, F. K. (2019). Analisis mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas iii di rumah sakit advent medan. 6.
Published
2019-12-20
How to Cite
Nofriadi, N., Delima, M., & Sara, Y. (2019). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 2(1), 67. Retrieved from https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/376

Most read articles by the same author(s)