PENGARUH STROKE EDUCATION PROGRAM (SEP) TERHADAP PENGONTROLAN PERILAKU KESEHATAN DALAM MODIFIKASI GAYA HIDUP PASCA STROKE DI POLIKLINIK NEURO RSSN BUKITTINGGI TAHUN 2017

  • lisa Mustika Sari STIKES PERINTIS PADANG
  • Dia Resti Dewi Nanda Demur STIKES PERINTIS PADANG
  • Alvina Desriza STIKES PERINTIS PADANG
Keywords: Edukasi, Gaya Hidup, Modifikasi, Program Stroke

Abstract

ABSTRAK

Stroke merupakan penyakit yang menyerang fungsi saraf, pasien pasca stroke harus memperhatikan beberapa hal terkait gaya hidup demi mencegah kejadian stroke berulang, sehingga dibutuhkan tindakan dan perhatian untuk merubah gaya hidup pasien pasca stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stroke Education Program(SEP) terhadap pengontrolan perilaku kesehatan dalam modifikasi gaya hidup pasca stroke Dipoliklinik Neuro RSSN Bukittinggi Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimendengan pendekatan one group pre-post test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien stroke yang ada Dipoliklinik Neuro RSSN Bukittinggi yaitu sebanyak 170 setiap bulannya, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan  teknik Acccidental Samplingsehingga didapatkan responden sebanyak 17 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner penelitian. Analisis data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat yang dilakukan secara komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian Stroke Education Program(SEP) terhadap pengontrolan perilaku kesehatan dalam modifikaksi gaya hidup pasca stroke dengan beda rata-rata gaya hidup pre-post 2,70 dan p=0,000. Dapat disimpulkan bahwa pemberian Stroke Education Program(SEP) berpengaruh terhadap perilaku pasien pasca stroke dalam kodifikasi gaya hidup. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak khususnya petugas untuk selalu memberikan edukasi dan pendidikan kesehatan dengan berbagai metode, salah satunya menggunakan Stroke Education Program (SEP) yang terbukti dalam perubahan gaya hidup pasien pasca stroke.

 

 

References

Doenges, Marilyn E. (2007). Rencana Asuhan keperawatan. Edisi. 3. Jakarta: EGC
Feigin, Valery (2004). Stroke. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.
Faserina, Rizi ( 2016). Faktor- faktor yang memepengaruhi pengontrolan perilaku kesehatan terhadap pasien pasca stroke diwilayah kerja puskesmas rasimah ahmad bukuttinggi tahun. Stikes Perintis Sumbar.
Indah, Permata. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya stroke berulang pada penderita pasca stroke. FIKU Muhammadiyah Surakarta(Skripsi).
Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan Jakarta : Rineka Cipta
Ratnasari Wahyuningsih (2013). Pengaruh Edukasi Terhadap Pencegahan Stroke
Sentosa (2016). Pengaruh Stroke Edukasi Program Terhadap Kesiapan Pulang Keluarga Pasien Stroke Diruang Neurologi Rssn Bukittinggi. Stikes Perintis Padang.
.
Published
2019-05-07
How to Cite
Sari, lisa, Dewi Nanda Demur, D., & Desriza, A. (2019). PENGARUH STROKE EDUCATION PROGRAM (SEP) TERHADAP PENGONTROLAN PERILAKU KESEHATAN DALAM MODIFIKASI GAYA HIDUP PASCA STROKE DI POLIKLINIK NEURO RSSN BUKITTINGGI TAHUN 2017. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 1(2), 49. Retrieved from https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/108

Most read articles by the same author(s)