Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan

  • Vera Sesrianty stikes perintis padang
  • Rizanda Machmud Fakultas Keperawatan Universitas Andalas
  • Fitra Yeni Fakultas Keperawatan Universitas Andalas
Keywords: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Keperawatan, Gap Analysis

Abstract

Mutu pelayanan dari suatu rumah sakit adalah salah satu faktor yang  membuat pasien untuk datang kembali berobat karena perasaan puas yang diterimanya atau bahkan tidak akan pernah datang lagi. Berdasarkan SPMRS kepuasan pasien RS Islam Ibnu Sina Bukittinggi masih <90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan berdasarkan harapan dan persepsi pasien. Disain digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 92 orang. Penelitian ini akan mengukur kesenjangan (gap) antara pelayanan yang  telah diberikan oleh rumah sakit terhadap harapan dari pasien itu sendiri. dari pengukuran tersebut akan diketahui tingkat kepuasan terhadap mutu pelayanan keperawatan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Skala pengukuran terdiri dari aspek mutu pelayanan keperawatan dimensi Servqual yaitu : Tangible   Reliability,  Responsiveness,  Assurance,  dan Empathy, data dianalisis dengan menggunakan Gap Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pasien puas terhadap mutu pelayanan keperawatan pada dimensi, reliability assurance dan empaty, dan tidak puas pada dimensi tanggible dan responsiveness. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan keperawatan yang diberikan RS Islam Ibnu Sina Bukittinggi telah memenuhi harapan pelanggan, diharapkan kepada perawat terus memberikan pelayanan yang baik sehingga meningkatkan citra positif rumah sakit

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghamolaei, T., Eftekhaari, T. E., Rafati, S., Kahnouji, K., & Ahangari, S. (2014). Service quality assessment of a referral hospital in Southern Iran with Servqual technique : patients ’ perspective. 1–5.

Al-momani, M. M., & Al-momani, M. M. (2016). Gap Analysis between Perceptions and Expectations of Medical-Surgical Patients in a Public Hospital in Saudi Arabia. 79–84. https://doi.org/10.1159/000441000

Amalia, E., Akmal, D., & Sari, Y. P. (2015). Hubungan pre dan post conference keperawatan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan di rsud dr . Achmad mochtar bukittinggi tahun 2015 dr . Achmad mochtar bukittinggi tahun 2015. Jurnal Kesehaatan Perintis, 1, 117–124.

Amin, M., & Nasharuddin, S. Z. (2013). Hospital service quality and its effects on patient satisfaction and behavioural intention. https://doi.org/10.1108/CGIJ-05-2012-0016

Asmuji. (2013). Manajemen Keperawatan. Yogyakarta : Ar Ruzz Media.

Azizan, N. A., Mohamed, B., Razak, L. T., & Mahkota, B. I. (2013). The effects of perceived service quality on patient satisfaction at a public hospital in state of pahang ,. Asian journal of social sciences & humanities Encounter., 2(3), 307–323.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseotabilitasnya. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Chalise, G. D., Bharati, M., Niraula, G. D., & Adhikari, B. (2018). How the Patient Perceives about Nursing Care : Patient Satisfaction Study using SERVQUAL Model. Galore International Journal of Health Sciences and Research, 3(June), 23–29.

Hala Y. Sayed, H. A. M. and E. E. M. (2013). Patients’ Perceptions As Indicators of Quality of Nursing Service Provided At Al Noor Specialist Hospital at Makkah Al Moukarramah, KSA. Journal of American Science, 9(5), 71.

Hariyati, T. (2014). Perencanaan, Pengembangan dan Utilisasi Tenaga Keperawatan. Jakarta:Rajawali Press.

Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient satisfaction with the quality of nursing care *. Nursing Open, 6(December 2018), 535–545. https://doi.org/10.1002/nop2.237

Manimaran.S , Sindhya.R, V. P. . (2010). A Study of Patients Expectation and Satisfaction in Dindigul Hospitals. Asian journal of management research, 31–43.

Pohan, I. (2012). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta ; EGC.

Rafii, Forough, M. E. H. (2010). Nurse caring in Iran and its relationship with patient satisfaction. Australian Journal Of Advanced Nursing, 26(2), 75–84.

Ramez, W. S. (2012). Patients ’ Perception of Health Care Quality , Satisfaction and Behavioral Intention : An Empirical Study in Bahrain. International Journal of Business and Social Science, Vol. 3 No.(1), 131–141.

Rehaman, B., & Husnain, M. (2018). The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction in the Private Healthcare Industry in Pakistan Abstract Service Quality and Patient Satisfaction. Journal of Hospital & Medical Management iMedPub Journals, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.4172/2471-9781.100048

Sharma, S. K. (2013). Patient Satisfaction with Nursing Care in Public and Private Hospitals. Nursing and Midwifery Research Journal, Vol-9, No.3, July, (February). https://doi.org/10.5958/j.2320-8651.1.2.049

Sulistiyowati, B. (2010). Analisa Dimensi Service Quality (ServQual) Terhadap Asuhan Keperawatan di Ruangan Perawatan I dan II RS Sentra Medika. Thesis : Universitas Indonesia.

Supranto. (2011). Pengukuran tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Supriyanto. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Wira, D., & Wijaya, G. (2014). Hubungan antara Persepsi Daya Tanggap dan Persepsi Empati dengan Kepuasan Pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 2, 150–155.

Zarei, A., Arab, M., Froushani, A. R., Rashidian, A., & Tabatabaei, S. M. G. (2012). Service quality of private hospitals : The Iranian Patients ’ perspective. BMC Health Services Research, 12(1), 31. https://doi.org/10.1186/1472-6963-12-31

Published
2019-12-31
How to Cite
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116-126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317

Most read articles by the same author(s)