Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Marah Terhadap Perilaku Kekerasan Pada Siswa SMK
Abstract
Perilaku kekerasan (PK) adalah respon kemarahan maladaptif dalam bentuk perilaku mencederai diri, orang lain dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran pengaruh manajemen marah terhadap penurunan perilaku kekerasan di SMK Negeri 1 Bukittinggi tahun 2015. Desain penelitian “Quasi Esperimental Pre-Post With “Control Group” dengan intervensi Manajemen Marah (Anger Management). Sampel penelitian adalah 92 orang siswa yang terdiri atas 46 siswa kelompok intervensi dan 46 siswa kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan respon anger control serta penurunan respon anger out secara bermakna (P-value≤0,05) pada siswa yang mendapatkan manajemen marah. Program manajemen marah direkomendasikan untuk diterapkan pada siswa yang memiliki riwayat perilaku kekerasan bersama intervensi keperawatan lainnya.
Downloads
References
Adelman, H. S., & Taylor, L. (2000). Promoting mental health in schools in the midst of school reform. Journal of School Health, 70(5), 171–178. https://doi.org/10.1111/j.1746-1561.2000.tb06467.x
BA, K. (2013). Dengan Perilaku Kekerasan Pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Jakarta Timur, 7(2), 67–76.
Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Departement Kesehatan RI, (1), 1–303. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Blake, C. S., & Hamrin, V. (2007). Current approaches to the assessment and management of anger and aggression in youth: A review. Journal of Child and Adolescent Psychiatric Nursing, 20(4), 209–221. https://doi.org/10.1111/j.1744-6171.2007.00102.x
Dewi, kartika sari. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental (edisi 1). semarang: UPT UNDIP press semarang. Retrieved from www.healthyminds.org/mediaviolence.cfm
Kellner, M. H., & Bry, B. H. (1999). The effects of anger management groups in a day school for emotionally disturbed adolescents. Adolescence, 34(136).
Lier, P. Van, Vitaro, F., & Eisner, M. (2007). Preventing Aggressive and Violent Behavior : Using Prevention Programs to Study the Role of Peer Dynamics in Maladjustment Problems, 277–296. https://doi.org/10.1007/s10610-007-9054-3
Marcus, D., & Mattiko, M. (2007). An anger management program for children with attention deficit, hyperactivity disorder. Therapeutic Recreation Journal, 41(1), 16–28. Retrieved from https://www.lib.uwo.ca/cgi-bin/ezpauthn.cgi?url=http://search.proquest.com/docview/621763875?accountid=15115%5Cnhttp://vr2pk9sx9w.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ%3Apsycinfo&rft_val_fmt=info:
Newth, N. fairbrother and sarah. (n.d.). WELLNESS MODULE 5 : ANGER MANAGEMENT.
Nindya, P. N. (2012). Hubungan Kekerasan Emosional pada Anak terhadap Kecendrugan Kenakalan Remaja. P. N. Nindya, 1(02), 1–9.
Pilania, V. M., Mehta, M., & Sagar, R. (2015). Anger management. A Practical Approach to Cognitive Behaviour Therapy for Adolescents, 109–130. https://doi.org/10.1007/978-81-322-2241-5_6
Soputro, V. O. (2013). Pelatihan Anger Management Dengan Metode Stop Pada Siswa Sma “ X ” Surabaya, 2(2), 1–13.
Xue, Y., Zimmerman, M. a, & Cunningham, R. (2009). Relationship between alcohol use and violent behavior among urban African American youths from adolescence to emerging adulthood: a longitudinal study. American Journal of Public Health, 99(11), 2041–2048. https://doi.org/10.2105/AJPH.2008.147827
Mental Health Services; 25,8
Copyright (c) 2019 JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis's Health Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.