Pengaruh Terapi Token Ekonomi Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi

  • Ramaita Ramaita STIKes Piala Sakti Pariaman
  • Sri Burhani Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatra Barat
Keywords: Token Ekonomi, Kecemasan, Hospitalisasi, Anak Prasekolah

Abstract

Kecemasan adalah kondisi yang sering ditemukan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Hospitalisasi adalah suatu keadaan yang mengharuskan anak dirawat dirumah sakit untuk mendapatkan pengobatan. Hampir dalam setiap tahap perkembangan usia anak, kecemasan dan ketakutan akan penanganan medis masih menjadi masalah besar dalam pelayanan keperawatan. salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan anak adalah terapi token ekonomi. Token ekonomi adalah terapi untuk mengubah perilaku dengan menggunakan pemberian reinforcement dan token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi token ekonomi untuk mengurangi tingkat kecemasan anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan di RSUP DR. M.Djamil Padang selama 2 bulan mulai dari tanggal 2 Juli s/d 4 September 2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan pendekatan pre-post test group design with control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana 68 responden dibagi kedalam kelompok intervensi (n=34) dan kelompok kontrol (n=34). Analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kecemasan anak prasekolah sebelum dan sesudah penerapan token ekonomi pada kelompok intervensi dibanding dengan kelompok kontrol dengan p value = 0.000. Terapi token ekonomi mempunyai pengaruh positif untuk menurunkan tingkat kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Penerapan token ekonomi ini direkomendasikan untuk mengatasi kecemasan pada anak usia prasekolah pada pelayanan kesehatan dirumah sakit dan komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A.P, (2016). Pengaruh Terapi Bermain Walkie Talkie Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di RSUD DR. MOEWARDI. Skripsi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Corey, G (2013). Konseling dan Psikoterapi. Penerjemah: Koeswara. Bandung : Refika Aditama

Fahrudin, A., & Jakarta, U. M. (2019). TEKNIK EKONOMI TOKEN DALAM PENGUBAHAN PERILAKU KLIEN ( Token ( Token Economy Technique in the Modification of Client Behavior ) Adi Fahrudin , PhD i. (July).

Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan departemen Kesehatan RI. (2007). Pedoman nasional etik penelitian kesehatan. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan kesehatan Depkes RI.

Martin, G & Pear, J. (2015). Behavior Modification, What It Is and How To Do It, 10th Ed. Pearson Education International. New Jersey

Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Anak Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi. 2(1), 65–70.

Ramaita. 2018. Effect of Token Economy Therapy for Reducing Attachment Behaviour Among Pre-School Children in Kindergarten. Elevate, Vol 1. No. 1. Page (70-75)

Ricky, D.P., Keliat, B.A, & Gayatri, D. (2014). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik dan Token Ekonomi Terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Usia Pra Sekolah Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kelurahan Cempaka Bandung. Jakarta : Universitas Indonesia.

Riset Kesehatan Dasar. 2018. Diakses pada tanggal 15 April 2019 dari https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018

Rs, A., Iii, T. K., Manado, R. W. M., & Kundre, R. M. (2015). No Title. 3.

Rsud, D. I., & Surakarta, M. (2018). No Title.

Sari, F. S., & Batubara, I. M. (2017). KECEMASAN ANAK SAAT HOSPITALISASI. (2008).

Stuart & Laraia. (2013). Principle And Practice Of Psyhiatric Nursing. (9th ed). St. Louis : Mosby Year B.

Warastuti, W., & Astuti, E. S. (2009). KECEMASAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DENGAN HOSPITALISASI PRE DAN POST PEMBERIAN TERAPI BERMAIN. (77), 67–73.

Published
2019-12-31
How to Cite
Ramaita, R., & Putri, S. (2019). Pengaruh Terapi Token Ekonomi Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 95-103. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.273