Pelatihan Guru Tentang Kesehatan Sekolah Di SDN 15 Nagari Koto Gadang Kecamatan IV Koto

  • Lisa Mustika Sari STIKes Perintis Padang
  • Yaslina Yaslina STIKes Perintis Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
Keywords: Education, Teachers, Training, UKS

Abstract

Usaha Kesehatan Sekolah adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan mulai dari TK/RA sampai SMA/SMK/MA/MAK. Peran guru sangatlah penting dalammembina perilaku hidup sehat bagi siswa di sekolah dengan adanya pembinaan yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam berperilaku hidup sehat di sekolah maupun di rumah. Hasil wawancara dengan kepala sekolah didapatkan data Manajemen UKS tidak ada ( Tidak adanya perencanaan sampai evaluasi berkaitan UKS, tidak adanya guru pendamping UKS), dan pelaksanaan UKS selama ini belum terintegrasi dengan kegiatan korikuler dan ekstra korikuer). Tujuan pengabdian ini adalah  terlatihnya 9 orang guru  dan meningkatnya pengetahuan guru tentang manajemen UKS dan adanya guru penanggung jawab UKS serta terintegrasinya dalam pengajaran. Pelatihan telah dilakukan pada pelatihan guru tanggal 20 Juli dan 27 Juli 2019 dengan metode kegiatan yang dilakukan adalah  pelatihan dengan 4 sesi pertemuan  ( 3 kali ceramah dan 1kali demonstrasi  ). Hasil yang didapatkan setelah kegiatan pelatihan adalah adanya peningkatan pegetahuan guru, ditunjuknya satu orang guru sebagai penanggung jawab UKS dan dintegrasikan UKS dalam kegiatan ekskul di SDN 15 Sutejo Kata Kunci : Edukasi, Guru, Pelatihan, UKS

 

ABSTRACT

School Health Efforts are all efforts undertaken to improve the health of school-age children in every path, type and level of education ranging from kindergarten to high school  vocational school. The role of the teacher is very important in fostering healthy behavior for students in school with the coaching conducted by the teacher can increase student awareness of healthy behavior in school and at home. The results of interviews with the school principal revealed that there were no UKS Management data (There was no planning until evaluation related to UKS, there was no UKS assistant teacher), and the implementation of UKS had not been integrated with extracurricular and extra-curricular activities. The purpose of this service is to train 9 teachers and increase teacher knowledge about UKS management and the teacher in charge of UKS and its integration in teaching. The training was conducted at the teacher training on July 20 and July 27, 2019 with the method of activities carried out was training with 4 sessions (3 lectures and 1 demonstration). The results obtained after the training activities are an increase in teacher knowledge, the appointment of one teacher as the person in charge of UKS and integrated UKS in extracurricular activities at SDN 15 Sutejo

Keywords: Education, Teachers, Training, UKS

Published
2020-01-30